Tips Cara Mengajar Membaca Pada Anak Usia TK / Paud – Bapak atau ibu sudah mempunyai anak usia PAUD atau TK. Tapi bingung mengajari mereka untuk membaca ya. Semoga Tips ini bisa membantu anda untuk anaknya mau belajar membaca. Sebenarnya awalnya di mulai dari orang tuanya. Mau tidak mau orang tua harus mau membacakan dahulu buku bacaannya. Di biasakan dahulu orang tua untuk membaca untuk anaknya. Banyak sekali buku bacaan atau majalah atau buku cerita buat mereka serta banyak sekali jenisnya. Setelah itu, orang tua bisa memberi tahu pada anaknya tentang buku yang di baca. Buatlah label pada nama benda di dalam rumah. Memang ini memerlukan kreatifitas dan kesungguhan orang tua terutama ibu.
Misal di pintu di beri label pintu, kaca di beri label kaca , meja di beri label meja. Proses ini akan membiasakan anak untuk membaca sekaligus anak akan meniru orang tua karena orang tua sering membacakan buku pada dirinya.

Tips Cara Mengajar Membaca Pada Anak Usia TK / Paud

Jangan lupa saat anak di ajak jalan jalan atau berbelanja , sempatkanlah untuk memberi tahu label dan membacakan tulisan seperti nama toko, nama jalan dll, sehingga anak akan belajar membaca lagi. Ingat anak itu dalam masa pertumbuhan keingintahuan sangat tinggi.

Selain itu buatlah permainan dalam membaca. entah itu permainan petak umpet atau permainan untuk mencari harta harun. Kita siapkan hadiah, tapi dalam mendapatkan hadiah tersebut harus ada proses membaca petunjuk petunjuk yang kita buat. Misal hadiah di taruh di lemari maka ada bacaan akan ada tulisan petunjuk yang mengarahkan pada lemari tersebut.

Memang mengajar membaca pada anak usia TK / paud itu susah dan butuh ketelatenan. Tapi kalau sudah terbiasa maka akan jadi mudah. Dan anakpun tidak perlu kita pandu akan membaca dengan sendirinya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *